Rabu, 20 Februari 2013

ISTILAH DALAM PROSES AKUNTANSI


  1. Debit : ayat pembukuan di sebelah kiri perkiraan
  2. Credit : ayat pembukuan di sebelah kanan perkiraan
  3. Account (perkiraan/rekening) : Catatan akuntansi dimana hasil dari transaksi yang sama dikumpulkan.
  4. Accrual accounting (akuntansi akrual) : system akuntansi dimana setiap pendapatan dan beban dicatat pada saat terjadi, tidak dipentingkan kapan akan diterima atau dibayarkan secara tunai.
  5. Adjusting entries (Ayat jurnal penyesuaian ) : ayat jurnal yang diperlukan pada akhir periode akuntansi untuk memutakhirkan perkiraan yang perlu dimutakhirkan dan untuk mengakui sepenuhnya pendapatan dan beban untuk periode yang bersangkutan berdasarkan akuntansi akrual
  6. Transaction : pertukaran barang atau jasa diantara entitas dan peristiwa lain yang memiliki dampak ekonomi pada suatu perusahaan.
  7. Transaction Document (dokumen transaksi) : catatan yang digunakan untuk sebagai dasar untuk menganalisis dan mencatat setiap transaksi. Termasuk di dalamnya : kuitansi, cek, faktur, bukti memorial, bukti penerimaan dan lain-lain
  8. Clossing Journal ( Ayat jurnal penutup) :  ayat jurnal yang mengurangi perkiraan nominal atau perkiraan sementara menjadi bersaldo nol pada setiap akhir periode akuntansi, memindahkan saldo sebelum penutupan ke dalam perkiraan riel atau perkiraan permanent.
  9. Control account (perkiraan pengendali) : perkiraan buku besar yang mengikhtisarkan informasi terinci yang dibukukan atau dilaporkan di tempat terpisah . Biasanya di dalam buku besar pembantu (subsidiary ledger)
  10. Double entry accounting : system pencatatan akuntansi sedemikian rupa sehingga menjaga kesamaan dari persamaan akuntansi ( AKTIVA = Kewajiaban + Modal Pemilik).
  11. General Purpose Financial Statement (Laporan Keuangan Umum ) ; Laporan yang mencerminkan ikhtisar kegiatan usaha. Laporan yang meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas.
  12. Journal (Jurnal) : catatan akuntansi dimana setiap transaksi pertama sekali dimasukkan yang menunjukkan catatan kegiatan usaha secara kronologis.
  13. Buku Besar (ledger) : buku untuk perkiraan-perkiraan dalam perusahaan yang mencakup aktiva, kewajiban ,modal pemilik, pendapatan dan beban.
  14. Trial balance (neraca Saldo) : daftar dari semua saldo perkiraan, sebagai alat untuk menguji apakah total debit sama dengan total kredit untuk semua perkiraan.
  15. Work sheet (Neraca lajur) : daftar berlajur yang digunakakn untuk mngikhtisarkan data akuntansi, sering digunakan untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.
  16. Nominal account (perkiraan nominal) : perkiraan yang selalu akan ditutup menjadi bersaldo nol pada setiap akhir periode akuntansi, meliputi : pendapatan , beban, dividend an perkiraan sementara.
  17. Riel account (perkiraan riel) : perkiraan yang tidak ditutup menjadi bersaldo nol pada setiap akhir periode akuntansi. Disebut juga perkiraan permanent atau perkiraan neraca.
  18. Post Clossing trial balance (Neraca saldo setelah penutupan) : daftar dari semua saldo perkiraan riel setelah proses penutupan buku selesai .
  19. Posting : proses pengklasifikasian dan pengelompokan transaksi sejenis ke dalam  perkiraan umum dengan memindahkan jumlah jumlah yang terdapat dalam buku jurnal ke buku besar.
  20. Reversing account (Ayat journal pembalik ) : ayat jurnal yang dibuat pada awal periode guna membalik ayat jurnal penyesuaian tertentu yang dibuat pada akhir periode sebelumnya.     CONTINUE ISTILAH DALAM PROSES AKUNTANSI II  :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar